Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Archives

Gerbang Air Moliuano

0 Comments


Bebatuan penuh lumut dan licin, aliran sungai yang jernih dan  hutan yang masih terlihat rimbun merupakan tantangan dan keindahan panorama yang akan dirasakan menuju sebuah Goa yang terletak disebelah barat pulau Wawonii, tepatnya di Desa Labeau, Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan.

Untuk Sobat Ekspedisi Tenggara yang hobby traveling dan explorer new destination, ini adalah salah satu tempat yang recommended untuk dikunjungi, Goa Moliuano. Goa ini sudah mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal yang ingin menikmati suasana permandian air terjun didalam goa.

Keindahan Batuan Sepanjang jalan menuju Gua Moliuano
Foto : Hary Pradipta

Perjalanan ke Goa Moliuano dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, selama 30 hingga 60 menit menuju desa Labeau, setelah tiba di desa tersebut, perjalanan dilanjutkan menuju areal persawahan dan perkebunan kurang lebih 15 menit, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju goa.

Untuk menuju goa, satu-satunya akses yang bisa ditempuh adalah melewati aliran sungai dan bebatuan licin sepanjang perjalanan, tapi Sobat Ekspedisi tidak perlu panik, sepanjang perjalanan pemandangan dan panorama alamnya akan menjadi pelipur rasa lelah, karena akan banyak spot selfie yang cukup bagus untuk menggetarkan kamera, bebatuan besar dan pepohonan rimbun akan menjadi background keren untuk selfie dan berfoto ria.

Gua Moliuano
Foto : Tawakal Tando

Setelah berjalan kaki kurang lebih 1 setangah jam, dari ujung hulu sungai, akan terlihat mulut gua yang menyerupai mulut hewan purba yang siap untuk menerkam mangsa, dari mulut goa itulah sumber air sungai yang dilewati sepanjang perjalanan, yang juga di jadikan sebagai sumber irigasi persawahan didesa Labeau,  untuk masuk kedalam goa, Sobat Ekspedisi harus sedikit mengunakan otot dan keterampilan memanjat untuk melewati batuan tepat didepan goa, dari depan mulut goa, akan terdengar suara air terjun, yang menjadi daya tarik utama di goa ini, air terjun ini dapat dinikmati setelah masuk kedalam goa sekitar 30 meter, ketinggian air terjun ini sekitar 5-10 meter dengan air yang sejuk dan jernih.

Air Terjun dalam Gua Moliuano
Foto : Hary Pradipta

Selain itu, di sisi kanan goa terdapat salah satu ruang gelap yang menjadi tempat bersarangnya kelelawar, suara antara air terjun dan suara kelelawar seakan menjadi irama tersendiri ditengah hutan belantara Konawe Kepulauan. (***)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *