Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Archives

Onsen (Permandian Air Panas Jepang) di Teluk Staring, Konawe Selatan

0 Comments


Dalam budaya Jepang berendam saat mandi adalah salah satu keharusan, budaya ini terbawa ke Indonesia saat Jepang menjajah negeri ini, Sulawesi Tenggara salah satunya, terlihat  banyaknya situs-situs milik Jepang yang selalu berdekatan dengan lokasi permandian Air Panas (Onsen), seperti yang terdapat di Desa Tambeanga, Kecamatan Laonti, Konawe Selatan.

Berkunjung ke Kecamatan Laonti Konawe Selatan bisa menjadi pilihan liburan weekend bagi Sobat Ekspedisi, kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan yang masih terisolasi dari modernitas transportasi, pasalnya, untuk menuju wilayah ini, alat transportasi satu-satunya yang digunakan adalah kapal laut, padahal secara geografis, wilayah kecamatan ini tidak terpisah pulau dengan daratan Konawe Selatan.

Snorkling di Laguna Air Panas
Foto : Ridwan Tumbua

Wilayah pesisir tenggara kota Kendari ini menyimpan banyak keindahan landscape pegunungan dan laut, salah satunya adalah permandian air panas yang terdapat di Desa Tambeanga Kecamatan Laonti, tepat di pesisir pantai dengan keindahan laguna dan biota lautnya, lokasi ini belum di explore sebagai sebuah destinasi wisata.

Keunikan tempat ini adalah lokasinya yang tepat berada di tepi pantai dan terdapat laguna dengan luas sekitar 50 meter persegi dengan kedalaman normal sekitar 3 meter, gelembung air yang mengeluarkan mineral dari dasar laut, menjadi makanan bagi ikan yang banyak terdapat didalam laguna.

Spot Snorkling Laguna Air Panas
Foto : Ridwan Tumbua

Dalam beberapa tutur masyarakat setempat, lokasi ini merupakan markas tentara Jepang pada zaman penjajahan, hal ini terbukti dengan adanya bunker dan tiang bendera yang di yakini milik tentara Jepang tidak jauh dari titik air panas, hal ini juga dapat terbukti dengan kebiasaan masyarakat Jepang yang selalu mandi dan berendam di kolam air panas.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, berendam di air panas ini juga bisa sekalian snorkling untuk melihat ratusan jenis ikan yang mencari makan memanfaatkan sumber air panas “Onsen Jepang”(***)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *