Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Archives

Tumburano : Payung Pulau Kelapa

0 Comments


Suara air yang jatuh dari ketinggian 75 meter, menderu dan pecah diatas danau kecil yang terbentuk ribuan tahun silam, bebatuan berwarna kuning keemasan bak payung alam menjadi benteng sumber air pulau Wawonii.

Air terjun unik dengan bentuk menyerupai payung dapat di temui di Sulawesi Tenggara, letaknya berada di Kabupaten Konawe Kepulauan tepatnya di Kecamatan Wawonii Utara, Desa Tumburano.

Air Terjun Tumburano
Foto : Ridwan Tumbua

Air terjun Tumburano, merupakan salah satu destinasi andalan kabupaten Konawe Kepulauan, sejak kabupaten ini terbentuk pada tahun 2013, eksplorasi potensi wisata pun mulai dilakukan untuk menunjang pembangunan daerah ini. Air terjun tumburano dijadikan sebagai salah satu ikon wisata daerah ini selain pantai dan situs sejarah yang ada di Konawe Kepulauan.

Bagi Sobat Ekspedisi yang ingin menikmati sejuk dan uniknya air terjun ini, dapat menempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam dari Langara Ibukota Kabupaten Konawe Kepulauan, tidak perlu khawatir dengan akses jalan menuju destinasi ini, karena pemerintah setempat telah membuat jalur wisata yang langsung menuju lokasi air terjun, hanya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit, Sobat Ekspedisi sudah dapat menikmati suara dan pemandangan mempesona air terjun Tumburano.

Tangga Undakan ketiga Air Terjun Tumburano
Foto : Hary Pradipta

Terdapat tiga undakan besar di air terjun ini, ketinggian ketiga undakan ini diperkirakan mencapai 120 meter, untuk ber-selfie ria ada beberapa pilihan spot yang cukup instagramable, di undakan pertama view yang ditawarkan adalah background tiga undakan air terjun Tumburano sedangkan di undakan ketiga, merupakan ciri khusus dari air terjun ini, air yang jatuh dari ketinggian membentuk payung dengan bebatuan berwarna kuning keemasan, menjadi spot foto andalan bagi siapa saja yang berkunjung ke Air Terjun Tumburano.

Selain menikmati air terjun, Sobat Ekspedisi juga dapat berenang di kolam alam yang terbentuk oleh derasnya  air yang jatuh membentuk danau yang cukup luas, menjadikan Air Terjun Tumburano layak untuk di kunjungi. (***)  

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *