Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Archives

BERBURU UDANG SUNGAI, DI PEDALAMAN WAWONII

0 Comments


Kelangsungan hidup flora dan fauna sangat bergantung seberapa arif manusia memanfaatkan alam bagi kehidupan dan menjaga ekosistem untuk “ bingkisan” generasi masa datang

Udang sungai berukuran sedang sangat mudah di temukan disepanjang sungai Labeau, wawonii, konawe kepulauan, hal ini banyak dilakukan sebagian warga desa Labeau, yakni berburu udang untuk sekedar konsumsi bagi keluarga, tak jarang juga dijual kewarga sekitar desa.

Hasil tangkapan udang di sungai Labeau
Foto : Ridwan Tumbua

Berburu udang di sungai ini tidak sulit karena airnya hanya sebatas lutut dan cukup jernih, udang banyak bersarang diantara bebatuan sungai yang tersebar di sepanjang aliran sungai Labeau. Para pemburu udang hanya menggunakan alat sederhana, berupa perangkap yang terbuat dari jerigen bekas dipasang pada aliran sungai yang sempit dan menghalau udang menuju aliran tersebut.

Warga Pemburu udang sungai
Foto : Ridwan Tumbua

Hutan yang cukup lebat dan sungai yang bersih adalah salah satu faktor adanya udang yang bisa menjadi mata pencaharian sebagian warga desa Labeau, Untuk terus menjaga keseimbangan alam, tentulah pemanfaatannya harus dilakukan harus dilakukan secara arif, dengan tidak melakukan  penebangan pohon secara liar, membakar lahan hutan, dan hal-hal negatif lainnya.

Sungai Labeau Konawe Kepulauan
Foto : Ridwan Tumbua

Bagi Sobat Ekspedisi, yang berkunjung ke konawe kepulauan, wajib untuk menyediakan waktu kesini, karena selain banyak melihat para pemburu udang, juga di hulu sungai ini, terdapat satu destinasi eksotik, yakni Gua Moliuano, dimana didalam gua tersebut terdapat air terjun dengan keindahan stalagtit-nya (***)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *