Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Tenggara Foto

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Arsip

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

MENGENAL SUKU BAJO DIPULAU WAWONII

0 Comments


Salah satu suku yang memiliki histori sebagai pengarung samudra adalah suku Bajo/Bajau atau dalam bahasa bajo sendiri lebih dikenal dengan ‘sama’’.

Dalam perkembangannya, suku bajo di Pulau Wawonii mendiami pulau itu sejak abad 17 atau sekitar tahun 1818, tadinya jumlah mereka sedikit kemudian gelombang migrasi terjadi pada tahun 1850 mereka mulai menetap di Langara, dan terus berkembang hingga saat ini.

Pelabuhan Langara, Wawonii Konawe Kepulauan
Foto : Tawakal Tando

Masyarakat suku bajo yang mendiami sebagian wilayah Langara ibukota Kabupaten Wawonii saat ini tersebuar di 5 desa antara lain desa Langara Laut, Langara Iwawo, Tanjung Batu, Wawolaa dan Langara Indah, sebagian besar perkampungan ini berada diatas laut dengan menggunakan tiang serta jembatan untuk berjalan dari rumah satu kerumah lainnya.

Pencarian masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan menjadikan kampung bajo Langara sebagai pusat ekonomi kelautan di Ibukota Kabupaten Konawe Kepulauan, disepanjang jalan terdapat pasar tradisional yang kebanyakan menjual hasil laut terutama ikan dengan harga murah dan tentunya lebih segar dari ikan yang ada dipasaran.

Pemukiman Bajo Langara Desa Tanjung Batu
Foto : Ridwan Tumbua

Ciri khas pemukiman suku bajo yang membuat rumah diatas laut selalu menjadi tempat menarik untuk selalu dikunjungi terutama untuk para pemburu gambar.

Air Laut yang jernih jadi pilihan bermain dengan ikan
Foto : Ridwan Tumbua

Merencanakan perjalanan ke kampung bajo Langara tidak begitu sulit, akses dari Kota Kendari dengan menggunakan kapal Fery regular setiap hari hanya membutuhkan kocek sebesar 30 ribu perorang dengan menempuh perjalanan laut sekitar 3-4 jam, setelah tiba dipelabuhan Fery Wawonii, kampung Bajo sudah ada di depan mata. (***)

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *