Kendari, Sulawesi Tenggara

Ekspedisi Tenggara Foto

Artikel Terkini

Destinasi Sultra

Arsip

Ekspedisi Foto

Gua Moliuano, Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara

NEW NORMAL, INI LIST SPOT LIBURAN DI SULAWESI TENGGARA

0 Comments


Semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu karena para pejalan sudah siap untuk berpetualang kembali menikmati indahnya ciptaan Tuhan.

Liburan seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, terlebih setelah adanya pandemic covid-19, kita dipaksa untuk tinggal dirumah selama berbulan-bulan dan mengurangi aktifitas keluar rumah tentu, keinginan setiap orang untuk liburan semakin tinggi.

Untuk anda yang berencana untuk menikmati indahnya alam Sulawesi Tenggara, berikut beberapa spot wisata yang dapat dikunjungi pasca pandemi:

  1. Pulau Labengki

Terletak di kecamatan Lasolo Kepulauan, pulau labengki banyak dikunjungi oleh wisatawan luar maupun wisatawan nusantara, ada beberapa spot yang dapat dinikmati dipulau ini antara lain, danau kembar, Blue lagoon, view raja ampat, pasir panjang, dana tobelo, pasir merah, kampung bajo dan menara suar.

Perjalanan ke pulau ini harus menggunakan boat penyeberangan yang dapat di sewa secara pribadi karena tidak adanya transportasi reguler, dipulau labengki terdapat homestay dan resort untuk pilhan penginapan, untuk menyiasati budget sebaiknya perjalanan kepulau ini dilakukan bersama beberapa orang atau dengan menggunakan jasa Travel Agent.

Blue Lagoon Labengki
Foto : Ridwan Tumbua

2. Wakatobi

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam bawah laut pulau Wakatobi, pulau ini menjadi rekomendasi bagi pejalan yang hobi diving dan snorkeling, karena untuk mendapatkan view bawah laut yang sempurna, wakatobilah tempatnya.

Selain spot bawah laut, Wakatobi juga memiliki view landscape yang menarik, antara lain terdapat di pulau Tomia.

Puncak Tomia, Wakatobi
Foto : Ridwan Tumbua

3. Pulau Bokori

Pulau satu ini menawarkan keindahan pasir putih, jaraknya yang tidak begitu jauh dari Kota kendari, menjadikan pulau ini sebagai pilihan liburan murah bagi keluarga.

Dipulau Bokori terdapat Villa untuk menginap, selain itu juga terdapat restoran yang memiliki menu khas.

Pulau Bokori, Konawe
Foto : Ridwan Tumbua

4. Air terjun Moramo

Suara air mengalir dan kicau burung akan langsung terasa saat berada dilokasi parkiran air terjun moramo, terletak di desa sumber sari kecamatan Moramo Konawe Selatan.

Air terjun ini menawarkan keindahan eksotisme berbeda dengan air terjun pada biasanya, terdiri dari beberapa undakan dengan ketinggian berbeda-beda.

Air Terjun Moramo Konawe Selatan
Foto : Ridwan Tumbua

5. Pulau Hari

Pulau tak berpenghuni ini juga menjadi pilihan untuk penggila diving dan snorkeling, ada beberapa spot diving di sekitar pulau ini yang masih terjaga keindahan terumbu karangnya, tentu akan menjadi nilai tersendiri jika mampu mengabadikan moment bawah laut pulau Hari.

Untuk menuju pulau ini harus menggunakan boat dengan perjalanan sekitar 1 jam, pulau kecil terletak di desa Labuan Beropa Kabupaten Konawe Selatan.

Pulau Hari Konawe Selatan
Foto : Ridwan Tumbua

6. Puncak Ahuawali

Menikmati kabut menyerupai awan pada pagi hari di sinilah tempatnya, puncak savanna yang terletak di desa Ahuawali kecamatan Puriala Kabupaten Konawe.

Untuk dapat menikmati kabut pagi lebih di rekomendasikan untuk nge-camp di lokasi puncak.

Tidak adanya penginapan mengharuskan anda untuk menyiapkan alat outdoor sendiri terutama tenda untuk tempat tidur.

Puncak Ahuawali, Konawe
Foto : Yushaq Satria

7. Pulau padamarang

Pulau ini ini memiliki view pulau Padar, tempat ini mulai banyak dikunjungi para backpacker, selain dapat menikmati view landscape juga terdapat tantangan mendaki sebelum mencapai puncak.

Pulau ini masuk dalam wilayah Desa Towua kecamatan WUndulako Kabupaten Kolaka, harus menggunakan boat untuk menuju pulau ini, saat ini telah tersedia jasa boat untuk menuju pulau Padamarang yang terdapat di Pelabuhan Kolaka.

Puncak Padamarang, Kolaka
Foto : Jelajah Sultra

8. Tetewa Waterpark

Terletak di hulu sungai terbesar di Sulawesi Tenggara, tetewa Waterpark merupakan spot unik, menuju pedalaman Kabupaten Kolaka Timur, disini terdapat air terjun  yang langsung jatuh ke sungai, selain itu juga lokasi ini bisa menjadi pilihan olahraga rafting karena arus sungainya yang cukup deras. untuk menuju lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam perjalanan darat.

Bagi penggila trail dan offroad, lokasi ini menjadi pilahan terbaik untuk menguji jalur ekstrim yang ada selama perjalanan, terletak di Kecamatan Ueesi Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Tetewa, Kolaka Timur
Foto : Ridwan Tumbua

9. Air Terjun Tumburano

Air terjun berundak 3 dengan karekteristik khas, air terjun Tumburano berbentuk payung terletak di Desa Tumburano, Wawonii Utara kabupaten Konawe Kepulauan.

Akses ke lokasi ini cukup mudah, hanya 30 menit dari Ibukota Kabupaten.

Air Terjun Tumburano, Konawe Kepulauan
Foto : Ridwan Tumbua

10. Puncak Masalili

Bebatuan karts menjulang tinggi menjadi khas Pulau Muna, di dalam kawasan cagar budaya inilah terdapat berbagai situs purbakala di Pulau Muna.

Bebatuan khas tersebut memancing kreatifitas pemerintah Desa Masalili untuk menjadikan bebatuan tersebut sebagai salah satu spot wisata dengan membuat jembatan gantung antara satu tebing batu dengan tebing lainnya, untuk menguji adrenalin spot ini cocok untuk dkunjungi, selain itu, jembatan ini juga sangat instagramable untuk mengisi feed instagram.

Puncak Masalili, Muna
Foto : Ridwan Tumbua

Itulah 10 destinasi yang bisa jadi pilahan anda ketika berencana untuk melakukan perjalanan ke Sulawesi Tenggara, selain spot tersebut diatas juga terdapat spot menarik lainnya seperti melakukan overland di wilayah kepulauan Buton, biasakanlah mencari referensi atau bertanya kepada orang yang paham tentang daerah setempat atau dengan menggunakan jasa travel agent (***).

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *